WASPADA! Bahaya Merokok Saat Mengendarai Motor


Ada banyak alasan kenapa merokok sambil mengendarai sepeda motor itu dilarang. Karena merokok sambil menunggangi si kuda besi kesayangan kita, bisa membahayakan keselamatan. Tidak saja si pengendara itu sendiri, namun juga orang lain. Secara kesehatan, sudah banyak penelitian yang mengatakan dampak merokok itu tidak baik terhadap tubuh. Lihat saja di bungkus rokok sekarang ada gambar-gambar yang menyeramkan, akibat merokok. Seram kan, BroSis? Ayo kita kembali ke topik yang kita bahas, akan bahaya merokok saat mengendarai sepeda motor. Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi ketika seseorang merokok sambil berkendara.

Pecah konsentrasi
Konsentrasi. Pengendara yang sedang asyik merokok kemungkinan akan fokus untuk menikmati hembusan asap rokok melalui mulutnya. Pecahnya konsentrasi antara memperhatikan jalan dan menikmati rokok tentu bisa berakibat fatal, tentunya dapat mengakibatkan kecelakaan.

Terkena hembusan Angin
Sudah dipastikan jika menghisap rokok saat mengendarai sepeda motor, kaca helm akan terbuka. Hembusan angin dan debu pasti akan langsung mengenai wajah. Tidak jarang partikel ini akan mengenai mata. Tentu bisa menjadi berbahaya, karena pandangan kita tidak baik, akibat terkena debu. Apalagi BroSis menggunakan helm fullface, kemungkinan helm bakal dilepas atau diangkat di atas kepala supaya bisa menikmati rokok.

Pegangan ke stang tidak sempurna
Dengan merokok salah satu tangan entah kiri atau kanan pasti akan mengapit batang rokok. Pegangan tangan kita ke stang dipastikan tidak akan sempurna. Posisi jari pasti tidak memegang ujung setang. Apalagi kalau si pengendara meggunakan kopling manual. Pasti akan lebih repot lagi.

Terkena abu/bara api rokok
Abu/bara dari rokok dapat mengenai mata/muka kita sendiri. Bukan hanya si pengendara itu yang dapat terkena abu/bara, pengendara lain juga bisa terkena BroSis. Bagaimana kalau kita kaget saat sedang naik motor? Pastinya stang yang kita pegang, akan tidak stabil(goyang).

Sangat disarankan agar BroSis selalu peduli terhadap keselamatan diri maupun orang lain. Merokok itu pilhan. Kalau mau merokok, silahkan saja. Akan tetapi, jika merokok sambil mengendarai sepeda motor, sebaiknya jangan dilakukan. Lebih baik, berhenti sebentar untuk menikmati rokok dan dilakukan sambil istirahat. Keep Safety Riding ya BroSis!



Yamaha Motor Jakarta • Revs Your Heart • Semakin Di Depan

Comments