Rantai motor lepas atau putus? Malunya tuh disini..disini..



Anda pernah mengalami rantai lepas atau bahkan putus di jalan? Pastinya kita akan sangat malu sekali, apalagi motor yang digunakan adalah motor keluaran terbaru alias gress.

Rantai sepeda motor adalah bagian yang krusial/penting agar kita dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Rantai bertindak seperti super Hero dalam berkendaraan motor, ia melakukan tugas sulit dalam memindahkan tenaga dari mesin ke penggerak roda dan jika tanpa pengecekkan dan perawatan yang memadai maka dapat mengakibatkan kerusakkan, ketidaknyamanan dan bahkan membahayakan nyawa pengendaranya.

Cara Perawatan Rantai Roda
Bersihkan rantai dari kotoran (debu dan lumpur) secara rutin.


Lumasi rantai motor secara berkala dengan menggunakan pelumas rantai. Jangan menggunakan Oli bekas/solar/bensin/minyak, karena dapat melarutkan Grease yang terdapat diantara Pin dan Bush



Pastikan rantai memiliki ketegangan yang cukup. Tidak terlalu tegang dan tidak terlalu kendur. Penyetelan rantai yang terlalu kencang akan memberi beban tarik yang berlebih. Namun sebaliknya jika rantai yang disetel terlalu kendur akan mengakibatkan rantai terlepas dari mata Gir. (tegangan ideal +/- 2-3 cm)


Ganti Gir Depan, Gir Belakang dan Rantai Roda secara bersamaan karena usia pakai dari ketiga Parts tersebut adalah sama serta menghemat biaya.





Mengapa harus Paket Gigi Roda SCHUM ?


Diproduksi oleh pabrikkan Thailand dan dipasarkan lebih dari 70 negara di dunia.

Terbuat dari material Japan Steel, SCM415 steel alloy untuk sproket depan dan ultra-durable high carbon C49 steel untuk sproket belakang.

Diproduksi dengan menggunakan mesin yang canggih dengan metode HOBBING (pembentukkan gigi secara bertahap) membuat akurasi yang tinggi dan presisi, menghasilkan sproket dengan kualitas diatas standard dan mempunyai daya tahan dan performa yang tinggi.

Hasil pengujian tarik (Tensile Test) membuktikan rantai SCHUM tahan hingga 2.470 Kgf diatas JCAS standard. Hal ini membuktikan bahwa rantai SCHUM kuat dengan standard yang tinggi.

Memproduksi untuk merk motor ternama lainnya.


Tips

Hindari melakukan akselerasi dan mengganti gigi persneling secara kasar, karena memperpendek usia logam rantai

Hindari pemotongan rantai dengan alasan menghemat biaya karena rantai yang sudah mulur beresiko putus sewaktu-waktu sehingga membahayakan keselamatan pengendara.

Penggantian parsial Rantai saja atau Gir saja, akan menyebabkan memperpendek usia pakai Parts yang baru.

Gunakan selalu Paket Gigi Roda SCHUM untuk menghemat waktu dan biaya perawatan

Comments