Pentingnya Safety Gear Bagi Pengendara

Kelengkapan dalam berkendara menjadi satu modal penting bagi pengendara sepeda motor untuk mengamankan diri kita sendiri. Betul ga BroSis? Sekilas memang tampak sepele. Tapi hal sepele yang banyak di abaikan banyak orang inilah, yang sebetulnya membuat kita merasa aman dan nyaman dalam berkendara dari hal-hal yang tidak inginkan.

Yuk BroSis, kita simak, apa sih maksud kata “Safety Gear” itu. Jika di jabarkan Safety Gear itu sendiri adalah kelengkapan/perangkat keselamatan yang ideal ketika kita mengendarai sepeda motor. Dimana Safety Gear merupakan bagian dari Safety Riding yang tugasnya melindungi tubuh kita ketika terjadi kecelakaan.

Pastinya BroSis, ingin tau donk, apa saja sih item-item dari kelengkapan/Safety Gear itu? Yamaha Motor Jakarta, akan sebutkan semuanya beserta penjelasannya.

Helm


Tentunya helm ini ada di urutan pertama. Kenapa Helm? Karena perlengkapan yang satu ini sudah wajib hukumnya untuk di kenakan, kemanapun dan kapanpun saat kita sedang menungggangi si kuda besi ini. Pastikan helm kita sudah SNI (Standar Nasional Indonesia). Ini artinya helm yang kita kenakan sudah berstandar internasional dan sudah melewat beberapa tahapan pengujian. Pastikan helm kita kenakan dalam kondisi terbaik. Yang dimana kaca helm tidak ada goresan-goresan, karena goresan-goresan pada kaca helm dapat membuat pandangan kita terganggu. Begitu juga dengan busa, apabila busa helm sudah mulai menipis gantilah helm tersebut. Karena busa ini, melindungi area kepala kita ketika terjadi kecelakaan. Pastikan juga BroSis tidak memakai helm yang terlalu longgar atau sempit, karena apabila terlalu sempit, helm bisa tidak terpasang dengan baik di kepala kita. Begitu juga dengan helm yang terlalu sempit, pasti kitapun tidak nyaman dalam memakainya, konsentrasi dan fokus kita di jalan dapat terpecah.



Jaket
Jaket ini juga mempunyai peranan penting loh. Karena bukan hanya sekedar melindungi tubuh kita dari benturan benda keras jika terjadi kecelakaan, tapi juga melindungi tubuh kita dari terpaan angin, debu/kotoran. Bahkan, jaket bisa juga untuk bergaya/berstyle loh, ketika kita mengedarai sepeda motor kesayangan kita.

Sarung Tangan
Sarung tangan, berguna untuk melindungi tangan kita dari cidera saat terjatuh/kecelakaan. Selain itu juga fungsi dari sarung tangan ini sendiri, untuk menjaga tangan kita dari panas/dingin.

Celana Panjang & Sepatu
Biasanya kita malas, mengenakan celana panjang ketika pergi ke tempat yang tidak jauh. Hal ini jangan di biasakan ya BroSis. Karena fungsi dari celana panjang ini, melindungi kaki kita dari kecelakaan. Selain itu kita juga bisa tampil lebih casual/sporty dengan celana panjang. Nah, sekarang yang terakhir adalah sepatu. Kita kadang juga suka malas mengenakan sepatu. Funsgi dari sepatu sendiri tentu untuk melindungi kaki kita, khususnya dari mati kaki sampai bawah, dari cidera.

Nah, sekarang para BroSis uda mengerti kan, apa sih itu Safety Gear dan item-itemnya? Pastinya uda ngerti donk. Pada dasarnya, Safety Gear untuk meminimalisir cedera atau luka saat terjadinya kecelakan atau terjatuh dari sepeda motor. Kita sering kali mengabaikan atau malas mengenakan perlengkapan tersebut. Untuk itulah kita haru menjadi Smart Biker yang selalu pentingkan keselamatan, taat aturan, tidak ugal-ugalan, dan bisa mengontrol emosi pada saat di jalan. Keep Safety Riding ya BroSis.

Comments